Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional Dan Bahasa Negara




A. PERANAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA NASIONAL DAN BAHASA NEGARA

1. Peranan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional

Berbanggalah menjadi warga negara Indonesia karena memiliki bahasa sendiri, yaitu bahasa Indonesia yang mampu mendukung budaya bangsa, berkembang berkelanjutan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Ragam bahasa Indonesia baru digunakan sejak dicetuskannya Sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 sampai saat ini dengan berbagai perubahan dan perkembangan. Pada saat itu pula bahasa Indonesia ditetapkan sebagai Bahasa Nasional.

Fungsi bahasa sebagai Bahasa Nasional yaitu

1) Lambang kebanggaan bangsa;

2) Lambang identitas bangsa;

3) Alat pemersatu;

4) Alat penghubung antardaerah.

Berbanggalah karena tidak semua bangsa di dunia ini mempunyai bahasa nasional yang dipakai secara luas dan dijunjung tinggi. Adanya bahasa nasional yang dapat menyatukan berbagai suku bangsa yang berbeda merupakan kebanggan bagi bangsa Indonesia. Ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sanggup mengatasi perbedaan yang ada.

Sebagai bangsa yang terdiri atas berbagai suku bangsa, budaya dan bahasa yang berbeda, bangsa Indonesia mengalami masalah besar dalam melangsungkan kehidupannya. Dengan adanya bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa nasional oleh semua suku bangsa yang ada, perpecahan itu dapat dihindari karena suku-suku bangsa di Indonesia merasa satu. Kalau tidak ada bahasa Indonesia, bangsa Indonesia dengan keanekaragaman suku bangsa akan menghadapi masalah perpecahan bangsa, terutama masalah komunikasi. Jadi, berbanggalah memiliki bahasa Indonesia yang sudah berabad-abad manjadi lingua franca di wilayah Indonesia.

2. Peranan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara

Bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai Bahasa Negara pada 18 Agustus 1945 pada Undang-Undang 1945, Bab XV, Pasal 36. Fungsi bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara:

1) Bahasa resmi kenegaraan,

2) Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan,

3) Alat penghubung tingkat nasional, dan;

4) Alat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

B. RAGAM BAHASA INDONESIA

Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dipakai dalam berbagai keperluan tentu tidak seragam, tetapi tidak berbeda-beda disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Keanekaragaman penggunaan bahasa Indonesia itulah yang dinamakan ragam bahasa Indonesia.

1. Berdasarkan Waktu Penggunaan

       a. Ragam Bahasa Indonesia Lama

Ragam bahasa Indonesia lama dipakai sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga dicetuskannya Sumpah Pemuda. Ciri ragam Bahasa

Indonesia lama dipengaruhi oleh bahasa Melayu. Bahasa melayu inilah yang akhirnya menjadi bahasa Indonesia. Alasan Bahasa Melayu menjadi Bahasa Indonesia:

1) Bahasa Melayu berfungsi sebagai lingua franca,

2) Bahasa Melayu sederhana karena tidak mengenal tingkatan bahasa,

3) Suku di Indonesia dapat menerima bahasa melayu sebagai Bahasa Nasional

4) Bahasa Melayu berfungsi kebudayaan

       b. Ragam Bahasa Indonesia Baru

Penggunaan ragam bahasa Indonesia baru dimulai sejak dicetuskannya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 sampai dengan saat ini melalui pertumbuhan dan perkembangan bahasa yang beriringan dengan pertumbuhan dan perkembangan bangsa Indonesia.


2. Berdasarkan Media

       a. Ragam Bahasa Lisan

Ciri-ciri ragam bahasa lisan:

1) memerlukan kehadiran orang lain;

2) unsur gramatikal tidak dinyatakan secara lengkap;

3) terikat ruang dan waktu;

4) dipengaruhi oleh tinggi rendahnya suara.

       b. Ragam Bahasa Tulis

Ciri-ciri ragam bahasa tulis:

1) tidak memerlukan kehadiran orang lain;

2) unsur gramatikal dinyatakan secara lengkap;

3) tidak terikat ruang dan waktu;

4) dipengaruhi oleh tanda baca atau ejaan.


3. Berdasarkan Situasi

       a. Ragam Bahasa Resmi

Ciri-ciri ragam bahasa resmi:

1) menggunakan unsur gramatikal secara eksplisit dan konsisten;

2) menggunakan imbuhan secara lengkap;

3) menggunakan kata ganti resmi;

4) menggunakan kata baku;

5) menggunakan EYD;

6) menghindari unsur kedaerahan.

       b. Ragam Bahasa Tidak Resmi

Ciri-ciri ragam bahasa tidak resmi kebalikan dari ragam bahasa resmi. Ragam bahasa tidak resmi ini digunakan ketika kita berada dalam situasi yang tidak formal.

       c. Ragam Bahasa Akrab

Penggunaan kalimat-kalimat pendek merupaka ciri ragam bahasa akrab. Kalimat-kalimat pendek ini menjadi bermakna karena didukung oleh bahasa nonverbal seperti anggukan kepala, gerakan kaki dan tangan, atau ekspresi wajah.

       d. Ragam Bahasa Konsultasi

Ketika kita mengunjungi seorang dokter, ragam bahasa yang dipergunakan adalah ragam bahasa resmi. Namun, dengan berjalannya waktu menjadi alih kode. Bukan bahasa resmi lagi yang digunakan, melainkan bahasa santai. Itulah ragam bahasa konsultasi.


4. Berdasarkan Bidang atau Tema yang sedang Dikomunikasikan

       a. Ragam Bahasa Ilmiah

Ciri bahasa Indonesia ragam ilmiah:

1) bahasa Indonesia ragam baku;

2) penggunaan kalimat efektif;

3) menghindari bentuk bahasa yang bermakna ganda;

4) penggunaan kata dan istilah yang bermakna lugas, serta menghindari pemakaian kata dan istilah yang bermakna kias;

5) menghindari penonjolan persona dengan tujuan menjaga objektivitas isi tulisan; dan

6) adanya keselarasan dan keruntutan antarproposisi dan antaralinea.

       b. Ragam Bahasa Sastra

Berbeda dengan ragam bahasa ilmiah, ragam bahasa sastra banyak menggunakan kalimat yang tidak efektif. Penggambaran yang sejelas- jelasnya melalui rangkaian kata bermakna konotasi sering dipakai dalam ragam bahasa sastra. Hal ini dilakukan agar tercipta pencitraan di dalam imajinasi pembaca.

       c. Ragam Bahasa Iklan

Bergaya bahasa hiperbola, berpersuasif, dan berkalimat menarik, adalah ciri-ciri ragam bahasa iklan. Selain itu, ragam bahasa iklan bernada sugestif dan propogandis.

       d. Ragam Bahasa Bidang-bidang Tertentu

Ragam bahasa ini digunakan pada bidang-bidang tertentu seperti transportasi, komputer, ekonomi, hukum, dan psikologi. Diagnosis, infus, dan USG adalah contoh istilah dalam bidang kedokteran. Dapatkah Anda menyebutkan istilah-istilah yang khas pada bidang studi Anda?

5. Ragam Bahasa Indonesia Berdialek

Pernahkah Anda mendengar seseorang berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia, tetapi Anda akan segera mengetahui dari mana asal orang tersebut? Seseorang yang berasal dari Surabaya biasanya menggunakan panggilan rek’ pada lawan bicara, atau seseorang yang berasal dari Bandung biasanya akan menyisipkan kata ‘mah’ dan ‘atuh’ di antara kalimat-kalimatnya. Itulah yang dimaksud dengan ragam bahasa Indonesia berdialek. Lantas, seperti apakah ragam bahasa Indonesia yang sebenar-benarnya?

6. Ragam Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Sering kali kita mendengar slogan “Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar”. Apakah maksud slogan tersebut? Apakah kita harus menggunakan bahasa yang resmi dimanapun kita berada? Bukan itu jawabannya. Slogan itu berarti

a. bahasa yang baik adalah bahasa yang mempunyai nilai rasa yang tepat dan sesuai dengan situasi pemakaiannya;

b. bahasa yang benar adalah bahasa yang menerapkan kaidah dengan konsisten.


C. Fungsi Bahasa Indonesia Dalam Mengembangkan Kepribadian Indonesia

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kepribadian Indonesia adalah kepribadian yang Pancasilais, yaitu kepribadian yang religius, penuh rasa kemanusiaan, rasa persatuan, rasa demokratis, dan rasa keadilan sosial. Seluruh kepribadian ini salah satunya akan tercermin melalui cara berkomunikasi. Mahasiswa yang berkepribadian Pancasilais adalah mahasiswa yang kehidupannya diwarnai oleh nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan akademik, termasuk keterampilan menulis dan berbicara dalam komunikasi ilmiah.

Bahasa Indonesia sebagai perekat bangsa selain digunakan menjadi bahasa pengantar dalam dunia pendidikan, juga mampu memerankan fungsinya sebagai alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkuliahan dan pertemuan ilmiah diselenggarakan dalam bahasa Indonesia. Begitu juga, penulisan makalah, usulan penelitian, laporan penelitian, skripsi, tesis, dan disertasi sebagai sarana pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Sumber : Slide Bahasa Indonesia Pertemuan 1 @bsi
Kuliah ? Bsi aja !

Post a Comment for "Perkembangan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional Dan Bahasa Negara"